Minggu, 09 Oktober 2011

MATERI IBD 2 Manusia dan Kebudayaan

Assalamu’alaikum, warohmatullohi wabarokatuh

**Manusia dan Kebudayaan**

Manusia dan Kebudayaan merupakan salah satu ikatan yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan ini. Manusia sebagai makhluk Tuhan yang paling sempurna menciptakan kebudayaan mereka sendiri dan melestarikannya secara turun menurun . Budaya tercipta dari kegiatan sehari-hari dan dari kejadian-kejadian yang sudah di atur oleh Yang Maha Kuasa.
·       Masyarakat
Istilah masyarakat berakar dari bahasa arab yaitu syaraka yang berarti “sering bergaul, ikut serta atau berpartisipasi’’ . Istilah masyarakat dalam bahasa inggris  adalah society  yang berasal dari bahasa latin yaitu socius yang artinya “kawan”. Maka masyarakat adalah sekumpulan masyarakat yang saling bergaul dan berinteraksi. Misalnya  sekumpulan orang yang sedang mengantri tiket bioskop , membeli bakso dan berbelanja di pasar dalam ‘’kerumunan’’ .

·       Kebudayaan 
Kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat. Pengertian mengenai kebudayaan adalah sesuatu yang akan mempengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersiat abstrak (nyata). Misalkan pola-pola perilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi sosial , religi , seni dan lain-lain.

·       Hubungan antara Manusia dan Kebudayaan 
Kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat. Segala sesuatu yang terdapat pada masyarakat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri.

·       Penutup
Demikian artikel ini saya buat melalui pemikiran pribadi dan informasi dari berbagai sumber membuat saya mengerti tentang ‘’Manusia dan Kebudayaan’’. Semoga artikel ini berguna bagi yang membacanya. Jika terdapat kekurangan pada penulisan saya, saya mohon maaf dan terima kasih.









0 komentar:

Posting Komentar

 
;