Kamis, 03 November 2011

tugas IBD materi 6, MANUSIA dan PENDERITAAN


Manusia dan penderitaan 
 
Penderitaan termasuk realitas dunia dan manusia. Penderitaan manusia bertingkat-tingkat ada yang berat dan juga ada yang ringan. Namun peranan individu juga menentukan berat-tidaknya penderitaan manusia. Suatu peristiwa dianggap penderitaan  oleh seseorang, belum tentu merupakan penderitaan  bagi orang lain. Dapat pula suatu penderitaan merupakn energi untuk bangkit bagi seseorang, atau sebagai langkah awal untuk mencapai kenikmatan  dan kebahagiaan.

Penyebab penderitaan  juga macam-macam. Ia datang kepada kita dalam bentuk sakit, gagal dalam usaha, diperlakukan tidak adil, mengalami duka-cita karena kematian  orang yang kita kasihi dan musibah seperti bencana alam . singkatnya banyak penyebab penderitaan. Apapun penyebabnya, penderitaan selalu ada. Ia seperti bayang-bayang  yang selalu menyertai hidup. Hanya orang yang sudah meninggal saja yang tidak mengenal dan mengalami penderitaan. Atau mungkin juga orang mati menderita.

Penderitaan  memang menyakitkan dan menimbulkan luka. Tetapi manusia tidak pernah sendri menghadapinya. Selalu ada teman dan sahabat yang ikut berbela rasa dengan kita memikul duka cita itu. Bahkan TUHAN menjadi sahabat kita. YESUS kawan sejati kita, bagi kita yang lemah, tiap hal boleh dibawa dalam doa padaNya. Inilah penghiburan sejati bagi manusia. Ini sumber kekuatan kita menghadapi penderitaan dengan  percaya bahwa penderitaan itu bersiat sementara  saja. Habis gelap akan tertib terang. Penderitaan  ternyata membangkitkan  pengharapan.


0 komentar:

Posting Komentar

 
;